Cara Mengatasi Susah Tidur saat Hamil 8 Bulan

Salah satu masalah yang paling umum selama kehamilan pada trimester ketiga adalah insomnia. Wanita hamil sering merasa sulit untuk tertidur selama kehamilan lanjut, meskipun wanita hamil harus mendapatkan istirahat yang cukup dalam kondisi ini. Temukan mengapa wanita hamil mengalami insomnia, cara mengatasi insomnia selama 8 bulan kehamilan, tips kehamilan, dll. Ada beberapa faktor yang menyebabkan wanita hamil mengalami insomnia. Wanita hamil tua terkadang mengalami masalah pernapasan, yang selanjutnya memengaruhi kualitas tidur di malam hari. Insomnia telah terjadi pada wanita hamil sejak awal kehamilan dan semakin banyak pola tidur memburuk dengan kehamilan karena perubahan hormon, bentuk tubuh, dll. Cara-cara berikut adalah untuk mengatasi insomnia selama kehamilan 8 bulan, yaitu:

Istirahatkan pikiranmu
Cara mengatasi insomnia selama 8 bulan pertama kehamilan adalah dengan menenangkan pikiran. Jangan khawatir tentang proses kelahiran yang akan datang atau masalah lainnya. Jika ada sesuatu yang mengganggu pikiran Anda yang membuat Anda sulit tidur, diskusikan hal ini dengan suami atau keluarga Anda sehingga Anda bisa merasa lebih nyaman.

Kebiasaan tidur
Anda dapat melakukan beberapa kebiasaan baik yang dapat membuat Anda lebih rileks sebelum tidur, seperti mandi air hangat, mendengarkan musik yang menenangkan, melakukan meditasi, membaca buku, melakukan pijatan atau yoga. Jika Anda rileks, Anda bisa tidur lebih sehat.

Mematikan lampu
Berdasarkan penelitian Anda harus tidur dalam kondisi cahaya. Anda bahkan disarankan untuk mematikan lampu setidaknya satu jam sebelum tidur, karena cahaya redup lebih tenang. Ini juga membantu menekan kadar melatonin atau hormon yang mengontrol jam internal Anda yang mengontrol siklus tidur Anda setiap malam. Selain itu, jangan gunakan TV, ponsel, laptop atau perangkat elektronik lainnya sebelum Anda tidur.

Setel suhu kamar
Sesuaikan suhu di kamar Anda dengan suhu yang membuat Anda nyaman. Anda umumnya tidak akan bisa tidur nyenyak jika ruangan terlalu dingin atau terlalu panas. Juga pastikan kamar tidur Anda memiliki ventilasi yang baik untuk pernapasan dan sirkulasi udara Anda. Pastikan Anda beristirahat di ruangan yang hangat dan nyaman.

Buat kamar yang nyaman
Anda harus membuat tempat tidur senyaman mungkin. Disarankan agar Anda mengganti seprai Anda dengan warna-warna yang menenangkan dan menenangkan seperti lavender, biru langit, aqua, kombinasi warna ungu dan hijau atau gelap. Anda dapat menggunakan banyak bantal lembut untuk menopang tubuh Anda. Jika perlu, Anda dapat menggunakan aromaterapi untuk relaksasi seperti minyak lavender, lemon, bergamot, vanila, mawar, dll. Aromaterapi dapat menciptakan suasana yang nyaman dan membantu Anda tidur lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *