Sepatu Impor Made in Vietnam Masuk Pasar Indonesia

Plakat lebar dengan teks “Dijual sepatu impor” sudah cukup untuk menarik perhatian pengendara di salah satu jalan di Pancoran Mas, Depok. Di belakangnya ratusan pasang sepatu atletik berwarna-warni telah dibuat dengan harga yang sangat rendah. Sepatu berlabel diberi label “Made in” Vietnam, yang harganya hanya Rp 100.000 per par. Harga tentu saja semurah produk merek, sepatu Vietnam benar-benar barang KW. “Ya, tapi ini jauh lebih baik daripada sepatu buatan Bogor,” kata seorang pedagang. Dia telah membuat bagian dalam sepatu buatan Vietnam, yang katanya dijahit dengan baik dan terpasang dengan baik. Sepintas sepertinya kualitas produk aslinya.

Kisah sepatu yang dibuat di Vietnam, tidak hanya di Depok, di Jakarta, misalnya, di sudut jalan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Pemandangan serupa juga dapat ditemukan ketika hari gelap, pedagang sepatu impor Vietnam mulai memenuhi halaman depan toko yang ditutup. “Harganya Rp 150 ribu, termurah Rp 70 ribu,” kata sang pedagang, yang menawarkan berbagai sepatu atletik dengan warna dan model berbeda. Di pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, penggunaan juga dibuat dari kehadiran sepatu olahraga buatan Vietnam. Dealer memasukkan sepatu ini Rp120-150 ribu per par. Fenomena sepatu impor Vietnam mengingatkan pada “demam” pada sepatu Cina yang menjadi umum beberapa tahun lalu. Sekarang sepatu Vietnam mulai berkembang di pasar.

Harijanto, ketua dewan Asosiasi Alas Kaki Indonesia (Aprisindo), membenarkan masalah invasi sepatu buatan Vietnam. Dia mengatakan bahwa munculnya sepatu di Vietnam terjadi tahun lalu. “Memasuki Indonesia adalah hal baru, tetapi di Vietnam sudah lama sekali, KW 1 akurat, jika pada pandangan pertama sama dengan aslinya,” katanya kepada CNBC Indonesia, Rabu (2/10).

Produk asli adalah jenis produk yang merupakan produk resmi pabrikan. Produk-produk ini diproduksi, dipilih dan distandarisasi murni oleh produsen sendiri, sehingga kualitas barang benar-benar terjaga dan tidak mengecewakan pembeli. Membeli produk asli juga masalah kebanggaan, terutama jika merek produk tersebut cukup terkenal di dunia. Produk premium atau OEM adalah produk yang sering disamakan dengan KW, tetapi ini jelas berbeda. OEM sendiri adalah singkatan dari Original Equipment Manufacturer.

OEM adalah produk dengan kualitas yang sama seperti aslinya. Perbedaannya adalah bahwa jika produk asli diproduksi oleh pabrikan itu sendiri, produk OEM adalah produk asli pabrikan, diproduksi oleh pabrikan lain yang juga memiliki nama besar. Meskipun produk replika atau sepatu KW berkualitas baik, tetapi bahannya tidak sama dengan aslinya. Istilah KW terkenal di Indonesia dan bahkan ada lebih banyak permintaan daripada sepatu asli dan sepatu premium. Mungkin karena dari segi harga produk KW yang sangat terjangkau bagi sebagian besar orang Indonesia. KW juga punya level berbeda, lho. Tetapi dengan begitu banyak persyaratan dan level KW yang tersedia, Anda setidaknya harus memahami bahwa produk KW bukanlah produk nyata.

Di Indonesia, beberapa penjual reguler memberikan informasi tentang yang asli di mana dan dari negara mana. Patokan dasar dari sepatu asli atau tidak, kita tidak dapat melihat dari negara asal negara produksi. Bahkan produksi sepatu dan replika asli dapat berasal dari negara yang sama, tetapi tentunya dari berbagai bahan, pabrik, dan kontrol kualitas. Sebagai contoh. Sepatu Nike dan Adidas diproduksi di berbagai negara di dunia, seperti Indonesia, Cina, Vietnam, Kamboja, dll. Tetapi perbedaan dalam produksi negara juga berbeda dalam kualitas.

Pertama periksa apakah kotak sepatu itu asli atau tidak. Perhatikan kotak jika nomor produk salah, kata-kata salah eja, warna tidak aktif, atau bahkan label salah ditempatkan, seperti terpusat atau bengkok, yang merupakan kecenderungan sepatu tidak asli. Sedangkan sepatu asli harus memiliki tanda (biasanya di bagian dalam lidah sepatu atau di sepatu) yang memberikan informasi tentang kode sepatu dan ukuran sepatu. Kode dan ukuran harus sesuai dengan informasi pada kotak sepatu. Jika ada perbedaan, berhati-hatilah, ini bukan barang asli. Jadi pastikan saat membeli secara detail.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *