Penyebab Umum dan Indikasi Badan Lemas

Penyebab umum badan lemas bisa dikarenakan banyak faktor. Namun secara umum pada gangguan yang berkaitan dengan neuron atau saraf belum bisa diketahui pasti penyebabnya. Banyak hal yang bisa menyebabkan badan lemas seperti pola hidup dan pola makanan yang kurang tepat hingga postur atau kondisi genetik tubuh. Berikut ini hal-hal yang menjadi sebab umum tubuh menjadi lesu.

Kurang Istirahat

Penyebab umum badan lemas yang pertama adalah kurangnya istirahat yang dibutuhkan oleh tubuh. Tubuh yang kekurangan minimal delapan jam istirahat atau terjaga dari hingga lebih dari dua puluh jam rentan mengalami kelelahan ekstrim. Kelelahan ekstrim dapat memberikan dampak yang cukup berbahaya apabila terjadi secara berulang dalam tujuh hari. 

Dampak sederhana dari kekurangan istirahat selain tubuh menjadi lesu dan lemas adalah hilangnya konsentrasi. Selain itu tubuh menjadi lebih lesu dan lemas karena tubuh yang kekurangan istirahat akan lebih mudah merasa dehidrasi dan pusing sehingga menimbulkan efek lesu dan lemas. Pola tidur yang baik dan cukup serta tidak berlebihan dapat meningkatkan kualitas kebugaran tubuh karena seluruh anggota tubuh memperoleh istirahat yang cukup.

Pola Makan yang Tidak Baik

Penyebab umum badan lemas selanjutnya adalah pada pola makan. Pola makan meliputi jadwal dan intensitas makan serta asupan makanan yang masuk kedalam tubuh. Kekurangan makanan terutama kekurangan asupan gizi yang dibutuhkan tubuh secara otomatis akan menimbulkan efek lelah dan letih. Kadar gula yang tinggi dalam makanan yang dikonsumsi juga dapat menimbulkan fluktuasi energi sehingga seseorang merasa seketika bertenaga namun lebih cepat lelah.

Sleep Apnea

Merupakan jenis gangguan tidur yang dapat menimbulkan badan lemas. Gejala yang dialami sleep apnea adalah berhenti bernafas ketika tidur tanpa disadari dan dalam waktu singkat. Seringkali penderita sleep apnea akan mendengkur secara keras dan biasa diasosiasikan dengan tubuh yang sangat kelelahan. Penyebab umum sleep apnea adalah obesitas, kondisi tubuh yang kurang fit, konsumsi rokok, dan konsumsi alkohol berlebihan.

Anemia

Penyebab umum badan lemas selanjutnya adalah anemia atau kekurangan zat besi dalam tubuh dan paling umum terjadi pada kalangan perempuan karena mengalami haid atau menstruasi. Anemia dapat disebabkan pula secara turunan atau genetik dan faktor menstruasi tersebut serta faktor lainnya. Anemia mengakibatkan oksigen yang dialirkan keseluruh tubuh tidak berjalan maksimal karena kekurangan sel darah merah dalam tubuh. 

Sel darah merah dalam tubuh memiliki peran beserta zat besi di dalamnya untuk mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh. Tubuh yang tidak memperoleh asupan oksigen yang cukup akan sulit mengolahnya menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Penderita anemia dapat meminimalisir gejala dan dampak anemia dengan rajin mengonsumsi makanan yang kaya zat besi seperti kacang-kacangan kentang, daging, dan beras merah. Konsultasi pada dokter dan ahli gizi juga penting dilakukan untuk memperoleh data asupan yang harus diperoleh oleh tubuh agar seimbang.

Konsumsi Kafein

Konsumsi kafein berlebihan juga dapat menyebabkan tubuh lemah dan lesu. Sama halnya dengan gula dan berbagai jenis glukosa, kafein dapat memberikan efek bersemangat pada tubuh namun secara cepat juga dapat menghilangkannya hingga menimbulkan rasa lesu dan letih yang berlebihan. Efek lain dari kafein juga dapat berupa gelisah, insomnia, hipertensi atau tekanan darah tinggi. Konsumsi kafein secara berlebihan tanpa memperhatikan jangka panjang juga dapat merusak fungsi ginjal dan hati hampir sama buruknya dengan merokok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *